Selasa, 22 Januari 2013

Rahasia Dibalik Intake Manifold Yang Bengkok

  Hal yang sepele namun tidak banyak orang tahu,Kenapa intake manifold dibuat bengkok.Seorang teknisi hebat harus tahu yang sepele serti itu,namun jangan anggap masalah seperti intake manifold dibuat bengkok itu hal yang tidak penting.
  Mari kita ulas tentang intake manifold dan mengapa dibuat bengkok.
   Intake manifold adalah suatu komponen yang menghubungkan antara karburator dengan ruang bakar yang gunanya sebagai tempat aliran udara dan bensin dari karburator yang akan dibakar diruang bakar atau blok silinder mesin.
Mengapa dibuat bengkok?,ini jawaban rahasianya.
  Bensin akan sulit terbakar jika campuran udara dan bensin masih dalam butiran-butiran.Sehingga untuk mencegah demikian kita harus mengkabutkannya.Terdapat dua cara mengkabutkan bahan bakar salah satunya adalah membuat intake manifold bengkok.
  LIHAT GAMBAR DIBAWAH INI:
 Dari gambar diatas bahan bakar yang tercampur didalam karburator masih belum sempurna pengkabutannya dalam kata lain masih terdapat butiran-butiran halus.Nah kegunaan intake manifold dibuat bengkok untuk menyempurnakan pengkabutan karena didalamnya terdapat aliran Turbolensi(Aliran udara yang membentuk gulungan).JIka intake manifold dibuat lurus maka tidak ada aliran turbolensi sehingga bensin dan udara sulit terbakar.
  Kesimpulan:
Intake manifold dibuat bengkok karena didalamnya terdapat aliran turbolensi yang mengakibatkan bahan bakar cepat mengkabut .

Tidak ada komentar: