Rabu, 23 Januari 2013

Cara Mudah Memahami dan Memperbaiki Alternator Mobil

 Alternator berfungsi untuk mengubah energi mekanis dari mesin menjadi enrgi listrik dengan bantuan Puli ubtuk menghubungkan keduanya.Hasil energi listrik yang dihasilkan oleh Alternator adalah tegangan bolak-balik(AC) sehingga memerlukan diode (Rectifier) untuk diubah menjadi tegangan searah (DC).
Komponen utama dalam Alternator adalah Rotor, Stator, Puli, Kipas,Bearing dan Diode.


1. Rotor 
    Rotor adalah bagian yang berputar didalam Alternator, karena berhubungan dengan dengan puli.Didalam rotor terdapat kuku-kuku magnet dan kumparan(Rotor coil).Kuku-kuku magnet berfungsi sebaga kutub dan kumparan sebagai pembangkit kemagnetan.

2.Stator
    Staror adalah  kumparan-kumparan yang salah satu ujunganya menjadi satu.Terdapat tiga kumparan dalam stator dan stator adalah bagian yang diam didalam Alternator.

3.Pully (Puli)
    Puli berfungsi untuk memutarkan rotor yang dihasilkan oleh putaran mesin yang dihubungkan oleh V belt.

4.Kipas
   Kipas berfungsi sebagai pendingin komponen Alternator terdapat bearing untuk menghaluskan putaran kipas.

5.Slip ring dan Sikat (Brush)
    Slip ring dan sikat(brush) berfungsi sebagai penyalur tenaga listrik yang dihasilkan oleh stator.

6.Diode (Rectifier)
    Diode berfungsi untukmengubah atau menyearahkan tegangan AC menjadiDC dan mencegah arus balik dari Baterai

   Memeriksa dan Memperbaiki Alternator

1.Rotor
   -Periksa kesinambungan antar slip ring
   -Periksa tidak adanya kesinambungan antara rotor(-) dan slip ring(+) .

2.Stator
    -Periksa kesinambungan antar kabel kumparan
    -Periksa tidak adanya kesinambungan antara kumparan dan magnet stator.

3.Sikat (Brush)
    - Periksa panjang brush (5,5 mm - 12,5 mm).

Tidak ada komentar: